Cara Membuat NPWP Secara Online Untuk Semua Wajib Pajak

Cara Membuat NPWP Secara Online Untuk Semua Wajib Pajak

NPWP merupakan rangkaian nomor seri yang dipakai kantor pajak untuk membantu mengidentifikasi wajib pajak baik orang pribadi maupun badan tertentu. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) ini akan dikeluarkan secara langsung oleh Direktorat Wajib Pajak setelah berhasil melakukan serangkaian pendaftran dalam bentuk kartu pengenal.

Sebagai warga Negara yang baik konsultan pajak jakarta, Anda diwajibkan untuk memiliki NPWP apabila Anda menerima penghasilan dan kena pajak dari perusahaan maupun kena pajak dari hasil usaha sendiri. Seseorang wajib pajak yang tidak memiliki NPWP akan dikenakan sanksi di mana tarif pajak yang dibebankan padanya lebih besar 20% dari perhitungan tarif pajak normal. Berikut ini tata cara daftar NPWP secara online:

Buatlah Akun Resmi Di Ereg Pajak

Langkah pertama untuk memiliki kartu NPWP Anda sendiri adalah melakukan pendaftaran secara online atau offline. Jika Anda memilih untuk melakukannya secara online, maka Anda memerlukan akun resmi di E-Reg Pajak. Membuat akun resmi di situs E-Reg Pajak tidak sulit kok,  cukup buka situs ereg.pajak.go.id dan lakukan registrasi. Ikuti semua petunjuk yang ada dan pastikan periksa selalu email karena aka nada email yang masuk untuk melakukan aktivasi. Pilih status “Cabang” bila Anda berstatus menikah sedangkan untuk laki-laki atau perempuan single, pilih status “Pusat.”

Syarat Membuat NPWP

Sudahkah Anda mengisi tiap langkahnya? Jika Anda mentok ke langkah 8 yaitu menggugah dokumen persyaratan, maka segera siapkan berkas yang dibutuhkan, seperti KTP/Paspor/KITAS/KITAP (untuk wajib pajak pribadi tanpa melakukan usaha maupun pekerjaan bebas) sedangkan untuk memiliki dan menjalankan usaha sendiri harus ikut menyertai dokumen izin usaha yang sebelumnya sudah diterbitkan instansi berwenang maupun surat keterang tempat usaha atau pekerjaan bebas yang diberikan oleh pejabat pemerinta daerah bisa lurah maupun Kepala Desa. Untuk yang sudah menikah harus menyertakan KTP, Paspor/KITAS/KITAP, fotokopi KK, fotokopi kartu NPWP pasangan, fotokopoi surat perjanjian harta dan penghasilan maupun surat pernyataan yang menghendaki pelaksanaan hak maupun kewajiban perpajakan terpisah dari pasangan sahnya.

Mengirim Berkas Elektronik

Klik tombol “Token” yang terdapat pada dashboard, cek email Anda untuk melihat nomor token yang dikirimkan secara otomatis. Copy-Paste token yang terdapat di email lalu klik “Kirim” setelah paste kode tokennya pada kolom “Token” yang tersedia terakhir klik “Kirim Permohonan”

Berkas yang disetujui akan segera dikirimkan kartu NPWP ke alamat rumah yang tercantum.