FILTER UDARA KABIN MOBIL

APA ITU FILTER UDARA KABIN DAN KAPAN SEBAIKNYA ANDA MENGGANTINYA?

Filter udara kabin, alat ac mobil  yang ditemukan pada sebagian besar kendaraan model terbaru, fungsinya membersihkan udara yang masuk ke dalam interior melalui sistem AC. Ia menangkap debu, serbuk kotoran , dan bahan-bahan kotor tidak baik dari udara lainnya yang dapat membuat mengendarai mobil menjadi tidak menyenangkan, terutama jika Anda memiliki alergi atau masalah pernapasan lainnya biasanya alat ini disebut filter ac mobil .

Rekomendasi tentang kapan filter udara kabin harus diganti bervariasi oleh pabrikan beberapa mengatakan setiap 12.000 atau 15.000 km, yang lain lebih panjang – dan seberapa sering dapat bergantung pada seberapa banyak Anda mengemudi dan mobil sering dibawa kemana. Periksa jadwal perawatan di manual pemilik Anda. Jika Anda mengendarai lalu lintas padat di daerah perkotaan yang memiliki kualitas udara yang buruk berdebu, Anda bisa mengganti filter udara kabin setiap tahun atau bahkan lebih sering. Namun, sering membuka kaca mobil itu juga bisa mempercepat ganti filter ac di mana ada banyak debu untuk disaring.

Beberapa tanda bahwa Anda memerlukan filter udara kabin baru adalah adanya pengurangan aliran udara melalui kisi kisi ac, meskipun sudah menaikkan kipas  tinggi dan Cuma mendapatkan hasil angin ac mobil yang kecil. Yang lainnya adalah bau-bauan menyengat  yang bertahan lama  . Meskipun Anda tidak memiliki peringatan ini, Anda harus memiliki filter udara yang diperiksa setidaknya sekali setahun, dan Anda mungkin dapat melakukannya sendiri dengan petunjuk buku panduannya.

Banyak filter udara kabin terletak di belakang kotak didepan dashboard  tinggal melihat  Instruksi harus ada di buku manual pemilik mobil. Filter udara kabin lainnya terletak di bawah dashboard dan mungkin tidak mudah dijangkau, atau di bawah kap.

Jika dealer atau bengkel merekomendasikan Anda mendapatkan filter udara kabin baru, minta untuk melihat yang sekarang. Tergantung pada berapa lama filter udara telah beroperasi, Anda mungkin terkejut dengan apa yang Anda lihat: filter tersumbat dengan daun, ranting, serangga, serbuk sari, jelaga dan debu yang secara nyata menutupi seluruh permukaan yang bersentuhan dengan udara yang masuk sehingga semua menjadi masalah bagi kabin di dalam kendaraan Anda. Anda akan tahu sudah saatnya mengganti filter udara kabin untuk mobil Anda.