Mengenal Siapakah Sosok Sulaiman Al-Rajhi

buah-kurma-nikmatJika kita membahas tentang perkebunan dan budidaya kurma pasti banyak yang bertanya-tanya tentang siapa sih Al-rajhi itu, dan ketika Kampoeng kurma menjalin kerjasama dengan Al-rajhi kok kesannya wow sekali. Sulaiman Al-rajhi adalah seorang billionaire asal Arab Saudi pemilik dari Al-rajhi Bank yang merupakan Bank islam paling besar di dunia.

Kekayaan yang dimiliki oleh milyarder Sulaiman Al-Rajhi yang tercatat di Forbes sekitar 7.7 juta Dollar Amerika yang membuat dia masuk menjadi 120 orang terkaya menurut majalah Forbes. Kisahnya dimulai dari 30 tahun yang lalu dimana pada saat itu belum adanya Bank islam dan Sulaiman Al-Rajhi memberanikan diri untuk bertemu dengan CEO Bank England dan beberapa Bank besar di Eropa untuk membahas Tentang konsep Bank islam yang tanpa riba dan dapat meyakinkan mereka bahwa konsep tanpa riba ini dapat mengokohkan kestabilan ekonomi dunia.

Setelah sukses dengan presentasinya dengan petinggi bank Eropa di Inggris, kemudian Sulaiman Al-rajhi kembali ke negaranya dan mendapatkan sokongan Sheikh Abdul Aziz bin Baz dari idenya tersebut. Lalu apa kaitanya Sulaiman Al-Rajhi dengan perkebunan buah kurma?

Provinsi Qassim adalah penghasil kurma terbanyak di Saudi dan di provinsi tersebut ada beberapa perkebunan kurma salah satunya adalah kebun kurma milik Sulaiman Al-Rajhi yang bernama The Garden of Al-Rajhi.

Kebun kurma ini merupakan penghasil kurma yang terbesar dengan luas sekitar 5000 hektar yang dapat ditanami dengan 200 ribu pohon kurma dengan 45 jenis kurma berbeda di dalam perkebunanya. Dari perkebunan tersebut Al-Rajhi memiliki laboratorium yang meneliti khusus tentang pohon kurma yang bernama Clone Al-Rajhi Tissue Culture lab.

Nah laboratorium inilah yang akan bekerjasama dengan kampung kurma untuk meneliti bibit pohon kurma dan pengembangan system kultur jaringan untuk setiap pohon yang akan ditanami di kavling Kampoeng kurma, sehingga dengan kerjasama ini dibantu dengan tim peneliti dalam negeri dapat membuat pohon kurma dapat tumbuh dan berbuah jauh lebih baik lagi dari sekarang di tanah dan iklim cuaca di Indonesia ini.