Peran Orangtua Pada Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan

Perkembangan bayi saat usia 2 bulan merupakan sebuah hal penting yang perlu untuk diketahui. Itu karena pada masa ini bayi benar-benar menunjukkan banyak perkembangan yang sangat signifikan yang bisa membuat kita senang sebagai orang tua, tetapi perlu diketahui bahwa pada usia ini bayi masih benar-benar membutuhkan peran orang tua untuk berada didekatnya. Kesadaran kita sebagai orang tua merupakan suatu hal yang penting karena kita merupakan orang yang paling dibutuhkan sang bayi ketika usianya 2 bulan, kita perlu menjaganya dan terus memperhatikannya agar perkembangannya terus terawasi dan membuat kita juga tidak kehilangan momen-momen menakjubkan yang akan membuat kita menyesal di kemudian hari.

Memasuki Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan, Kebutuhan Tidurnya Masih Sama

perkembangan bayi usia 2 bulan

Untuk kebutuhan tidur sendiri, bayi usia 2 bulan masih membutuhkan tidur sekitar 14-16 jam seperti ketika sang bayi merumur 1 bulan, tetapi biasanya sang bayi lebih menyukai untuk tidur di siang hari dibandingkan tidur di malam hari. Ketika ia tidur biasanya ia membutuhkan ASI selama 3 jam sekali tetapi waktu itu bisa saja berubah tergantung keinginan sang bayi, oleh karena itu kita perlu terus berada di dekatnya dan terus mengawasinya ketika tidur. Biasakan untuk menidurkan sang bayi dalam kondisi terlentang, karena itu bagus untuk kesehatan bayi dan merupakan suatu hal yang perlu untuk terus dijadikan kebiasaan. Kita juga perlu membiasakan untuk membiarkannya tidur sendiri dan kita tidak perlu untuk terus berada disampingnya ketika ia tidur agar ia bisa terbiasa tidur sendiri dan kita juga jadi bisa melakukan aktivitas yang lain.

Kenalkan sang bayi dengan mainan yang penuh warna dan mulai dengarkan musik-musik yang cocok dengan sang bayi karena bayi usia 2 bulan sudah mulai bisa mendengarkan suara-suara yang khas dan mulai bisa melihat banyak warna. Tetapi perlu diperhatikan bahwa kita sebaiknya jangan memberikan mainan berukuran kecil karena bayi berusia 2 bulan sudah mulai memasukan hal yang dipegangnya ke dalam mulutnya yang akan sangat membahayakan apabila mainan yang kita berikan berukuran kecil. Tetapi usahakan apabila dia sedang terbangun kita harus berada di dekatnya karena bayi usia 2 bulan sudah mulai mengenal suara orang-orang yang begitu dekat dengannya, jadi apabila kita sebagai orang tua terus berada dekat dengannya maka ia akan mengenal suara kita dan menjadi nyaman berada dekat dengan kita.

Apabila kita terus konsisten dalam memantau perkembangan bayi kita maka tentu kita akan mendapatkan kepuasan karen kita tidak akan kehilangan momen-momen indah perkembangan bayi kita dan patut disadari pula bahwa perkembangan bayi usia 2 bulan merupakan perkembangan awal yang akan cukup menentukan bagi perkembangan sang bayi pada bulan-bulan berikutnya. Jadi teruslah berada didekat bayi kita sebagai bentuk kasih sayang kita kepadanya.